Madrasah Keterampilan

Madrasah Aliyah Negeri 1 Tuban

Teater MAN 1 Tuban

Madrasah kami menyediakan fasilitas internet untuk mendukung siswa daam belajar menggunakan internet

Pramuka

Kepala Madrasah menganjurkan siswa untuk rajin dalam membaca buku bacaan yang telah disediakan di perpustakaan

ROHIS MAN 1 Tuban

Organisasi Siswa MAN 1 Tuban

Kegiatan Siswa

Madrasah Aliyah Negeri 1 Tuban

BELAJAR DEMOKRASI, PEMILIHAN KETUA OSIS MAN 1 TUBAN

Kamis, 3 Oktober 2019 07:58:04 - oleh : admin

Majlis Permusyawartan Kelas (MPK) menggelar pemilihan ketua OSIS MAN 1 Tuban masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Rabu (02/10/19). Kegiatan yang digelar di aula Madrasah Aliayah Negeri 1 Tuban, Tujuannya untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para peserta didik.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban. Hadir dalam prosesi tersebut Nur Hakim Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tuban waktu memberikan materi tentang demokrasi dalam sinau bareng perjalanan demokrasi bersama MPK dan OSIS MAN 1 Tuban.

Semua Logistik dalam pemilihan ketua OSIS MAN 1 Tuban semua di stok dari KPU seperti bilik suara, kotak suara, bantalan, paku coblos dan tinta.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemilihan ketua OSIS MAN 1 Tuban. Setelah di absen dan ditanya nama para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Tidak ketinggalan juga bapak ibu guru dan Pegawaian MAN 1 Tuban juga turut mendapatkan undangan mencoblos dalam pemilihan ketua OSIS.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, Panitia memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala Sekolah MAN 1 Tuban Dr.H.M.Badar.M.Ag,M.M mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar setiap tahun. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu, Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.tandasnya.

Pembina MPK Mutholibin menambahkan“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”.

Setelah itu, kata Mutholibin dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh panitia pelaksana disaksikan oleh saksi masing-masing kandidat Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga. Pungkasnya.(MTB).

     Berita "Berita Terkini" Lainnya