Madrasah Keterampilan

Madrasah Aliyah Negeri 1 Tuban

Teater MAN 1 Tuban

Madrasah kami menyediakan fasilitas internet untuk mendukung siswa daam belajar menggunakan internet

Pramuka

Kepala Madrasah menganjurkan siswa untuk rajin dalam membaca buku bacaan yang telah disediakan di perpustakaan

ROHIS MAN 1 Tuban

Organisasi Siswa MAN 1 Tuban

Kegiatan Siswa

Madrasah Aliyah Negeri 1 Tuban

Meriah, Peringatan Hari Santri MAN 1 Tuban

Sabtu, 26 Oktober 2019 08:19:42 - oleh : admin

Hari Santri Nasional diperingati pada hari ini, Selasa (22/10). Penetapan Hari Santri Nasional tak lain untuk memberikan penghargaan kepada para santri di Indonesia. Sebagaimana diketahui peran para santri tak lepas juga ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan hari santri pada tahun ini mengambil tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Menurut H.M.Badar, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. 

Sebagai laboratorium perdamaian, lanjutnya pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin, yaitu Islam ramah dan moderat dalam beragama. Menurut beliau, sikap moderat dalam beragama ini sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural, tandasnya. Kepala MAN 1 Tuban ini  menambahkan dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

Mustain selaku ketua panitia peringatan hari santri MAN 1 Tuban, memeriahkan hari santri dengan beberapa agenda kegiatan, diantaranya upacara bendera yang di ikuti bapak ibu guru, kepegawaian dan siswa siswi MAN 1 Tuban dengan memakai sarung, berpeci dan pakai baju putih bagi laki-laki, untuk perempuan berpakaian baju putih dan jilbab putih. Setelah upacara, digelar acara tasyakuran bersama guru, pegawai dan masing masing kelas. Agenda selanjutnya pentas seni band islami siswa yang melantunkan lagu- lagu islami.

Dilanjutkan seminar kebangsaan, dengan pembicara  K.H. Tamam Syaifudin, pengasuh Ponpes Al Fatimah Bojonegoro dan M. Sholikhin Faisol, ketua HIPMI Tuban, yang di laksanakan di Masjid Tarbiyatul Ulum.

Disingung tujuan seminar kebangsaan Mustain mengatakan dengan seminar ini diharapkan siswa dapat meneladani semangat jihad cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara sebab berjuang membela Tanah Air adalah wajib. Sebagai penutup agenda kegiatan ini dilaksanakan istighosah yang diikuti semua guru, pegawai dan siswa MAN 1 Tuban.

Dengan peringatan hari santri diharapkan mampu memberikan penghormatan atas jasa para santri yang turut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia dan menumbuhkan rasa patriotisme di kalangan generasi bangsa Indonesia, pungkasnya.(MTB)

     Berita "Berita Terkini" Lainnya