• MAN 1 TUBAN
  • MA Negeri 1 Plus Ketrampilan Tata Busana, Otomotif, Multimedia
SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Pendidikan adalah salah satu pilar dalam rangka mencapai kemajuan bangsa. Bangsa yang tingkat pendidikannya lebih  tinggi relatif  lebih sejahtera.

Sehingga dalam perhitungan Indeks Pembangunan  Manusia  (IPM),  pendidikan menjadi  salah  satu  komponen pembentuk  indeks tersebut.Selain  itu  Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations =  UN)   memasukan   urusan   pendidikan ini   dalam salah   satu Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals =  MDGs), yakni upaya  untuk  memenuhi  hak-hak dasar  kebutuhan manusia  melalui komitmen bersama antara 189 negara anggotanya  (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2007).

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional dijelaskan bahwa pendidikan  nasional  berfungsi mengembangkan kemampuan  dan membentuk  watak  serta  peradaban  bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan  kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya  potensi   peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kabupaten Tuban yang disebut Kota Wali Perdagangan, Pendidikan dan Industri  merupakan kota dengan instansi pendidikan yang cukup banyak,dalam perkembangan yang sangat pesat, memberikan kesan tersendiri bagi lembaga Islam untuk selalu berpacu dalam mengembangkan diri, mulai dari aspek akademik, kegiatan siswa, maupun dari aspek sarana prasarana yang memadai, yang menampilkan wajah Pendidikan Islam yang dibanggakan.

Kondisi saat ini, jumlah rombongan belajar mulai dari kelas X sampai kelas XII rombongan pada tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 34 rombongan belajar yaitu ; kelas X ada 13 rombel, kelas XI ada 11 rombel,  dan kelas XII ada 10 rombel. Untuk mengatasi rombongan belajar tersebut, MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TUBAN KABUPATEN TUBAN memberlakukan pembelajaran dengan jumlah siswa perkelas 30 s/d 32 siswa (kondisi ideal adalah  32  siswa),  sehingga  persoalan  sarana  prasarana  berupa  ruang pembelajaran  merupakan  hal  yang  urgen  dalam rangka  menyelesaikan  masalah tersebut.

Mengingat  urgennya kebutuhan  sarana  dan  prasarana tersebut, MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TUBAN KABUPATEN TUBAN merencanakan pembangunan  Gedung  baru  asrama putra dan putri.

Dengan    terpenuhinya    kebutuhan    sarana    prasarana    tersebut  diharapkan proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien. MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TUBAN KABUPATEN TUBAN adalah bagian (salah satu unsur) pendidikan nasional yang  memiliki peran penting  dalam   usaha   mencapai   tujuan   pendidikan   nasional   sebagaimana peraturan perundang-undangan  diatas,  terutama  dalam  mewujudkan  peserta  didik dan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa, berakhlakul karimah, memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual dan berilmu pengetahuan yang  tinggi serta memiliki keahlian dibidang  ilmu pengetahuan  agama Islam. 

Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan tersebut, Madrasah diharapkan memiliki alternatif dan kebijakan / langkah yang dapat diterima oleh masyarakat. Segala potensi yang ada di Madrasah dioptimalkan agar menjadi Madrasah yang berprestasi, berdisiplin, berbudaya, dilandasi iman dan taqwa, sesuai dengan visinya dan kondisi obyektif Madrasah. Maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut perlu dilaksanakan berbagai macam kegiatan yang antara lain:

  1. Pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan orang tua muri
  2.  Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidik
  3. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan pendidikan yang merata.
  4. Peningkatan mutu    pendidikan    yang    berorientasi    pada    peningkatan    mutu pembelajaran  dan  hasil  evaluasi  belajar  (output)  serta  dapat  bersaing  dengan satuan pendidikan lainnya pada jenjang pendidikan selanjutnya (outcome)
  5. Sebagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan.

Kegiatan-kegiatan   tersebut   di   atas   harus   ditunjang   dengan   pelayanan administrasi Madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja Madrasah, dan dalam pengembangan sarana prasarana yang memadai yang pada umumnya dapat meningkatkan pembelajaran yang semaksimal mungkin dan nyaman bagi siswa didik, dimana pembangunan ma’had (asrama  putra-putri)  sangat  dibutuhkan  dalam  tercapainya  lulusan  yang  mampu bersaing dari segi imtek dan imtaq.

Keberhasilan mutu dan kualitas suatu Madrasah ini menuntut peran serta aktif dari warga Madrasah dan dukungan dari warga masyarakat. Seluruh komponen Madrasah. Harus mempunyai persepsi yang sama terhadap visi dan misi sehingga seluruh progam yang dijalankan oleh Madrasah tidak menyimpang dari visi dan misi tersebut.

Baca Juga
Bimtek PKB Guru Madrasah Aliyah MGMP dan MGBK Sekabupaten Tuban

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban , Sahid, membuka Kegiatan Bimtek Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB ) Guru Madrasah Aliyah MGMP dan MGBK Sekabupaten Tuban.

15/11/2021 22:32 - Oleh Administrator - Dilihat 98 kali
Bimtek Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ditutup di MAN 1 Tuban

Penutupan kegiatan program PKB dihadiri oleh Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah Tuban, Hadi Sarjono dalam sambutan mengatakan, " pelaksanaan kegiatan PKB yang sudah berjalan dihara

29/11/2021 08:46 - Oleh Administrator - Dilihat 89 kali
MAN 1 Tuban Mengikuti Khotmil Qur'an Secara Virtual

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dan 1 Muharram 1442 H, keluarga besar MAN 1 Tuban mengikuti Khotmil Qur'an secara virtual yang digelar oleh Kementerian Agama Kab.Tuban pada hari

20/08/2020 00:10 - Oleh Administrator - Dilihat 668 kali
MAN 1 Tuban Serahkan Bantuan Kartu Perdana Internet Gratis Kepada Guru dan Siswa

MAN 1 Tuban setelah menerima bantuan kartu perdana internet gratis bagi siswa dan guru madrasah dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Kantor Kementerian Agama Kab. T

28/09/2020 06:55 - Oleh Administrator - Dilihat 323 kali
Tingkatkan Disiplin ASN, MAN 1 Tuban Gelar Pembinaan Kepegawaian

MAN 1 Tuban, Dalam meningkatkan disiplin ASN, MAN 1 Tuban menggelar kegiatan Pembinaan Kepegawaian oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Tuban, yang diikuti semua guru dan pegawai, S

02/02/2021 15:50 - Oleh Administrator - Dilihat 456 kali